Wednesday, August 5, 2015

bahaya kutu bagi kucing dan penanganan kutu kucing yang tepat

bahaya kutu bagi kucing dan penanganan kutu kucing yang tepat
kutu kucing
hai mpuskita, oke pada artikel kali ini admin coba membahas topik mengenai bahaya kutu bagi kucing dan penanganan kutu kucing yang tepat, bukan rahasia lagi jika alasan memelihara kucing adalah karena bulu nya yang indah dan bersih, apa jadinya bila mahkota dari kucing tersebut bersarang binatang kecil yaitu kutu. tentu ini akan membuat kita merasa tidak nyaman ketika mengelus bulu kucing, hal yang sama juga dirasakan kucing dengan keberadaan kutu di bulu dapat mengakibatkan iritasi yang disebabkan oleh rasa gatal yang membuat kucing menggaruk kulitnya dengan keras.
Awas tentang iritasi ini jangan dianggap sepele karena dapat meluas dan mengakibatkan peradangan kulit dan apabila tidak segera di tangani dapat membuat bulunya rontok dan mengalami kebotakan. selain itu juga dengan adanya peradangan mempermudah bakteri untuk masuk kedalam tubuh. lebih parahnya lagi isapan kutu dapat menyebabkan anemia,dan berat badan yang menurun.
Ketika kita sedang mengelus bulu kucing , jangan panik apabila menemui ada kutu pada kucing kesayangan kita, banyak alternatif pilihan dalam menangani masalah kutu ini. berikut beberapa penanganan yang bisa dijadikan pilihan.
1. shampo anti kutu
shampo ini mudah kita temukan di petshop, dan mudah pula dalam mengimplementasikannya pada kucing, caranya tinggal memandikan kucing seperti biasa saat groming hanya saja shampo yang digunakan kita ganti dengan shampo anti kutu.pada satu kali proses groming/memandikan kucing, untuk mendapatkan efek yang lebih baik kita dapat memberikan 2 kali shampo anti kutu, caranya ketika selesai kucing di berikan shampo kemudian di bilas dan diberikan shampo lagi baru kemudian di bersihkan dengan air hingga sisa shampo hilang. pemberian shampo ini disarankan untuk dilakukan semminggu sekali hingga satu bulan, setelah itu pemberian cukup 2 kali dalam kurun waktu sebulan. shampo ini aman sehingga dapat diberikan pada kitten umur lebih dari 2 bulan.
2.Spray anti kutu atau bisa juga bedak anti kutu
penggunaan spray jangan di semprotkan keseluruh badan kucing, hanya pada bagian bagian yang terlihat ada kutu disana, spray ini juga dalam penggunaannya jangan mengenai mata dan bagian tubuh sensitif lainya. untuk bedak juga pemakaian nya hampir sama dengan spray tadi hanya bentuknya saja yang beerbeda spray cair sedangkan bedak berbentuk tepung. dua produk ini sebaiknya lebih hati hati dalam pemakaiannya dan tidak disarankan untuk kucing yang masih kecil.

3. Obat alami juga bisa menjadi pilihan
disini kita dapat memanfaatkan obat-obatan yang kita miliki dirumah, diantaranya bisa dengan minyak tawon atau yang lebih mudah didapat dengan minyak kayu putih. caranya cukup dioleskan pada permukaan kulit yang ada kutu disana. karena ini merupakan obat alami tentunya aman digunakan untuk kitten atau kucing yang sedang hamil. hanya saja karena minyak ini mengakibatkan rasa hangat dan bau yang menyengat dapat membuat kucing merasa tidak nyaman.
4. Melakukan Suntikan anti kutu
karena suntikan caranya dengan memasukan cairan kimia ke dalam tubuh kucing sehingga efeknya kurang baik, sehingga mimin menjadikannya pilihan terakhir dari sekian cara dalam menangani kutu pada kucing.
Ada baiknya kita mencegah jangan sampai kucing terkena kutu, seperti banyak pepatah yang mengatakan "LEBIH BAIK MENCEGAH DARI PADA MENGOBATI". maka berikut langkahnya.
1. Tempat yang biasa digunakan oleh kucing untuk tidur sebaiknya sering dibersihkan dengan insektisida, kandang dan tempat makan minum juga perlu diperhatikan kebersihanya, seperti kita ketahui bersama kucing juga memerlukan air.
bahaya kutu bagi kucing dan penanganan kutu kucing yang tepat
perlengkapan

2. Mandikan kucing kesayangan secara teratur, karena dengan kebersihan yang dijaga tentu kucing akan menjauh.
3. Sering seringlah mengecek bulu kucing dengan mengelus dan membelainya. apabila menghendaki bulu kucing lebat bisa klik disini
4. Jangan malas memeriksakan secara berkala kesehatan ke dokter hewan terdekat.
Demikian pembahasan mengenai bahaya kutu bagi kucing dan penanganan kutu kucing yang tepat.
salam MIAW...



EmoticonEmoticon