Tuesday, August 4, 2015

manfaat steril kucing dan biaya steril kucing kesayangan

manfaat steril kucing dan biaya steril kucing kesayangan
steril kucing
Hai sahabat mpuskita dimanapun berada, pada moment kali ini admin ingin berbagi mengenai manfaat steril kucing dan biaya steril kucing kesayangan yang kita miliki dirumah, banyak para pecinta kucing yang merindukan kehadiran dari kity hasil perkawinan dari mpus kita, pasti lucu dan menggemaskan, disisi lain tidak sedikit yang akhirnya merasa kewalahan mengurus anak-anak kucing kesayangan karena jumlahnya kian hari kian bertambah.
Tentu bukan perkara mudah untuk merawat kucing dalam jumlah banyak dirumah, selain masalah biaya yang dikeluarkan untuk perawatan dan makan juga karena makin banyaknya kucing yang dimiliki makin membutuhkan perhatian yang lebih dari kita, tentunya ga mau dong. si mahluk berbulu kesayangan tidak terurus dengan baik, faktor lain juga kita membutuhkan lahan yang lebih lluas lagi.
Berkaca dari uraian singkat diatas tidak sedikit para pecinta kucing memilih untuk melakukan steril pada mpusnya, memang bukan perkara yang mudah untuk mengambil kesimpulan melakukan hal tersebut karena konsekuensinya kita tidak bisa melihat kity2 yang lucu lahir dan dibesarkan dirumah kita.

baik sebelum membahas tentang manfaat dan biaya yang dikenakan kita coba memahami dulu apa sih sterilisasi itu? jawab singkatnya begini sterilisasi adalah tindakan mengangkat organ reproduksi pada tubuh kucing. istilah yang lazim digunakan untuk kucing betina yaitu steril sedangkan untuk kucing berkelamin jantan biasa disebut kebiri.
Kenapa sih kucing perlu di steril???
1. Kucing betina yang tidak di steril      
    Pada kucing betina yang tidak dilakukan proses steril dapat melahirkan 2 sampai 3 kali dalam setahun jika kita biarkan melahirkan hingga 3 kali dalam setahun tentu dapat menghasilkan anakan yang kurang baik dan berakibat kurang baik pula bagi kondisi kesehatan induk nya.
2. Kucing Jantan yang tidak dikebiri
    Pada kucing Jantan yang tidak dilakukan tindakan kebiri hal yang sering membuat pemilik bingung adalah ketika kucing kita sering pergi jauh dari rumah untuk mencari kucing betina yang sedang mengalami birahi bahkan pada beberapa kasus bisa tidak pulang dalam beberapa hari, hal ini bisa membuat pemilik pusing dan sangat khawatir dimana harus mencarinya. lebih parah lagi ketika bertemu dengan kucing jantan lain yang berakibat bisa terluka akibat perkelahian.selain faktor itu adalagi yang membuat kita jengkel ketika jantan tersebut membuang urine sembarangan yang mengakibatkan bau pesing yang menyengat indra penciuman.
Berikut beberapa manfaat sterilisai bagi kucing :
a. sterilisasi membuat hidup kucing lebih sehat dan dapat memperpanjang usia hidup kucing 2 hingga 3 tahun lebih lama.
b. steril pada kucing betina di usia sebelum menginjak bulan ke 6 dapat mengurangi resiko terkena kanker dan menghilangkan kemungkinan kucing meninggal saat melahirkan, pada kucing jantan juga baik bagi kesehatan saluran kencing.
c. manfaat yang bisa dirasakan pemilik adalah ketika kucing jantan telah di steril / kebiri adalah membuat lebih tenang, tidak pergi jauh dari rumah untuk mencari pasangan.
d. Kucing yang disteril akan menjadi lebih gemuk, ini bisa kita siasati apabila tidak menginginkan kucing gemuk kita bisa mengontrol pola makannya, bila mengidamkan kucing yang gemuk dan bulu indah juga bisa.
e..Dapat mengontrol populasi kucing.
Apakah masih ragu untuk melakukan sterilisasi?
Semua bergantung pada masing masing individu, jika memang menghendaki memiliki banyak kucing juga sah sah saja, asal pesan dari admin harus bertanggung jawab dalam mengurusnya
Oke terakhir soal biaya nya, untuk masalah yang satu ini memang berbeda-beda disetiap wilayah bahkan berbeda antara satu dokter hewan dengan yang lain meskipun dilokasi yang berdekatan. untuk saat ini sampai artikel ini admin tulis biayanya antara Rp. 175.000,- s/d Rp. 250.000,- , saran dari mimin kalau hendak melakukan steril pada saat ada program steril masal yang biasanya diadakan oleh komunitas pecinta kucing di kota masing-masing.






EmoticonEmoticon