Wednesday, October 12, 2016

Memandikan kucing yang takut dengan air - Bathing a cat is afraid of water

Memandikan kucing yang takut dengan air, 
sudah menjadi sifat bawaan dari lahir, jika kucing memiliki kecendrungan untuk menjauhi air, apabila kita memiliki kucing yang tidak takut dengan air merupakan hal yang baik, karena kita dengan mudah untuk memandikannya. 

Peralatan yang digunakan untuk groming :
1. Handuk/kain kering
2. Kanebo
3. Gunting kuku
4. Shampo
5. Hairdryer
6. Sisir
7. Ember air

Sebelum memandikan/groming sebaiknya potong dahulu kukunya, ini bertujuan agar dapat meminimalkan resiko dari cakaran kucing yang panik ketika melihat air. Berdasarkan pengalaman pernah saya memiliki kucing yang sangat takut dengan air, bahkan baru melihat ember yang diisi dengan air saja, sikapnya langsung berubah dari tenang menjadi terlihat panik dan gelisah, sehingga rutinitas memandikan kucing menjadi sangat sulit karena kucing tidak mau bekerjasama. untuk mengetahui berapa kali kucing dimandikan 

Memandikan kucing yang takut dengan air - Bathing a cat is afraid of water
Memandikan kucing yang takut dengan air


Pertama ketika memandikan kucing sebaiknya kita tidak membasahi/menguyur bagian wajahnya serta kita tidak merendam/memasukan tubuh kucing kedalam ember karena jika belum terbiasa dia akan panik dan lari ketakutan, traumatis pada kucing saat mandi akan berdampak pada ketakutannya yang akan terjadi pada proses groming berikutnya, sehingga usahakan agar melakukan groming dengan hati-hati agar kucing tidak trauma.

Setelah diselidiki ternyata dia takut karena airnya terasa dingin. ketika dicoba dengan air hangat mpuskita menjadi lebih bersahabat tidak terlalu agresif , menjadi sedikit lebih tenang, setelah berhasil membuatnya lebih tenang dengan cara memandikan dengar air hangat ternayat kembali terjadi kepanikan ketika mulai menyalakan hairdryer untuk proses pengeringan, mendengar suara hairdryer tiba-tiba berubah menjadi panik kembali bahkan mencoba untuk melarikan diri, awalnya saya coba untuk mengeringkannya dengan memasukannya dikandang sambil di sorot dengan hairdryer, namun terlihat kucing teritimidasi, akhirnya di prosesi groming berikutnya mencoba untuk mengeringkannya dengan handuk kering atau kanebo yang bersih baru kemudian menjemurnya sebelum menggunakan hairdryer sehingga proses penggunaan hairdryer tidak terlalu lama, dibandingkan dengan langsung menggunakan hairdryer saat selesai mandi. Hasilnya kucing lebih tenang dan nyaman di groming berikutnya.


kata kunci pencarian :

cara memandikan kucing dengan betul
cara memandikan kucing liar
Bathing a cat is afraid of water
memandikan kucing berapa hari sekali
cara memotong kuku kucing
cara memandikan kucing agar tidak berontak




EmoticonEmoticon