Monday, November 21, 2016

Mengobati kucing sakit mata

       Kemampuan kucing melihat memang lebih baik daripada manusia bahkan di dalam keadaan yang minim cahaya pun kemampuanya untuk melihat masih lebih baik dari manusia, tentu anugrah ini memang sesuai dengan peruntukannya sebagai binatang pemburu, misal saja untuk berburu tikus.
Bagaimana jika salah satu keunggulannya dalam melihat terhambat akibat mengalami sakit mata? tentu akan mengurangi pula kemampuannya untuk berburu, atau melakukan kegiatannya sehari-hari.

Mengobati kucing sakit mata
Mengobati kucing sakit mata
Penyebab kucing mengalami sakit mata :

1. Produksi air mata yang berlebihan
Salah satu penyebab kelebihan produksi air mata pada kucing adalah karena letak mata yang berdekatan dengan bulu sehingga terjadi gesekan yang menimbulkan air mata sebagai cara perlindungan kucing terhadap bulu yang bisa melukai bola matanya.
Cara penangannya bisa melalui proses pencukuran bulu kucing yang kemungkinan bisa menusuk matanya, lakukan proses ini secara teratur agar kucing tidak over produksi air mata. Untuk penanganan jangka pendek kita juga bisa memberikan obat tetes mata 2 kali sehari.

2. Nasolacrimal occlusion
Penyakit mata jenis ini disebabkan karena adanya penyumbatan sistem pengeringan air mata pada kucing, yang bisa di sebut juga sekresi normal yang bertugas melumasi mata kucing tersebut tidak berjalan dengan baik. Sehingga hal ini dapat menyebabkan keluarnya air mata kucing tersebut secara tidak wajar.

Mengobati kucing sakit mata
Mengobati kucing sakit mata

3. Kongjutivitas
Gejala umum yang muncul untuk jenis penyebab sakit mata yang ini adalah berupa mata kucing yang berair dan memerah serta mengalami bengkak. Beberapa faktor yang menyebabkan/ sebagai pencetus penyakit ini adalah berasal dari lingkungan hidup kucing dan bisa berasal dari virus.
Faktor lingkungan yang menjadi penyebab sakit kongjutivitas ini adalah bisa dari debu, rerumputan serta serbuk sari dari bunga / tanaman. Untuk virus sendiri biasanya di sebabkan oleh virus sejenis veline chylamydophila. Umumnya virus tersebut cukup berbahaya dan mematikan jika di biarkan akan menyebabkan kebutaan pada kucing.

Beberapa pencetus sakit pada kucing diatas perlu kita waspadai agar tidak berakibat pada penyakit yang lebih serius, berikut ini langkah pengobatan untuk kucing yang sakit mata yang diantaranya :

1. Pisahkan kucing yang sakit dari kucing lainnya. 
Hal ini bertujuan agar kucing yang sakit tidak menulari kucing lain disekitarnya, karena jika hal ini terjadi tentu kita akan semakin direpotkan untuk merawat kucing sakit yang lebih banyak, serta dikawatirkan akan menulari kucing sehat lain bahkan pemilik kucing itu sendiri.


Mengobati kucing sakit mata
Mengobati kucing sakit mata


2. Pastikan tangan anda dalam keadaan bersih sebelum melakukan pengobatan terhadap mata kucing yang sakit karena bagian mata merupakan bagian yang sensitif terhadap paparan debu atau kuman yang bisa saja berada pada tangan dan kemudian berpindah pada mata kucing, bukannya sembuh malah dapat memperburuk keadaan mata kucing.

3. Ada beberapa jenis obat mata yang tersedia di pasaran misal yang berupa salep atau tetes mata, untuk yang berupa salep kita dapat mengoleskannya dengan perantara cutton bud (korek kuping) sehingga lebih menjangkau ke bagian yang sulit jika langsung menggunakan tangan, ingat mata adalah bagian yang sensitif sehingga perlu berhati-hati dalam pemberian salep ini, untuk yang berupa tetes mata juga sama perinsipnya yaitu perlu kehati-hatian agar kucing tidak merasa panik atau bahkan tercolok/tertusuk.

salam forKUCING 



Kata kunci pencarian :
kenapa mata kucing berair,anak kucing sakit mata bengkak,kucing sakit mata sebelah,kucing sakit mata berselaput,mata kucing berair sebelah,mata kucing bernanah,penyakit selaput mata pada kucing,
obat sakit mata untuk kucing kampung


This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon