Tuesday, October 7, 2014

Pemilihan Jenis Pasir Kucing

Pemilihan Jenis Pasir Kucing
      Yang menjadi kegiatan rutin dari seorang pemelihara kucing seperti saya ini adalah nembersihkan kotoran/ pup-nya kucing kesayangan. Terasa menyenagkan ketika mengangkat pup tersebut, dan pupnya memiliki bentuk yang bagus, tidak lembek, tidak cair, tidak ada gejala-gejala cacingan. Intinya sehat deh, karena pup juga bisa dijadikan salah satu indikasi kesehatan kucing.
Jenis pasir apa yang sering digunakan oleh pembiyak kucing? Di pet shop yang ada dikota-kota besar, tersedia berbagai jenis dari pasir kucing yang bisa menjadi pilihan kita. Dari mulai pasir Zeolit yang memiliki harga yang relatif murah meriah sampai pasir clumping wangi yang harganya diatas pasir zeolit.
Setiap jenis pasir mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Mari kita coba membahas beberapa jenis pasir kucing.

•       Pasir Zeolit

PEMILIHAN JENIS PASIR KUCING


      Ini adalah pasir yang paling murah dan juga banyak dijumpai di pet shop. Saya sendiri menggunakan pasir kucing jenis ini. Umumnya pasir kucing jenis ini tersedia dalam beberapa ukuran; nomor 1 (diameter 1mm), nomor 2 (diameter 2mm) dan nomor 3 (diameter 3mm) bahkan ada juga yang menjual sampai ukuran nomor 5 (diameter 5mm) namun sejauh yang sudah saya temui, si pasir zeolit nomor 5 ini tidak jauh beda dengan pasir nomor 3.


PERBEDAAN UKURAN PASIR ZEOLIT

         Untung pemakaian dari pasir zeolit adalah karena harganya yang relatif murah, pasir jenis ini juga dapat digunakan berulang-ulang dengan cara dicuci.
Kekurangan dari pasir zeloit karena pasir ini tidak dapat menyerap air seni mpuskita dengan baik, ini dikarenakan, pipis akan menggenang dibawah pasir, dan karena tidak dapat menyerap cairan, maka pasir yang digunakan haruslah relatif banyak.


•    Pasir Clumping

PEMILIHAN JENIS PASIR KUCING


       Pasir clumping merupakan jenis yang umum dipakai oleh pecinta kucing. Aneka merek yang tersedia di petshop, membuat pecinta kucing dapat memilih yang cocok dengan kebutuhan kucing mereka. Ada yang buatan lokal, dan ada juga yang import dari China, Jepang dll. Pasir ini tersedia dalam 2 kategori utama, pertama adalah pasir clumping wangi (perfumed) dan pasir clumping tidak wangi (non-perfumed)
Keunggulan dari pasir clumping adalah, sesuai namanya pasir clumping, dapat menggumpal. ketika pasir terkena cairan, ketika pasir terkena cairan maka akan menyerap dan menggumpal, sama halnya ketika kucing kita pup dan menutupi pupnya dengan pasir, maka pasir clumping tersebut akan langsung menutupinya. Karena pasir ini dapat menyerap cairan, maka aroma khas pipis kucing akan dapat diminimalisir. Kita hanya perlu membuang gumpalan pup dan pipis kucing dan menjemurnya sebentar dibawah terik matahari maka pasir siap digunakan kembali. Bila pasir dalam litter box jumlahnya mulai berkurang, kita hanya perlu menambahnya. Mudah bukan.sekarang pilihan tergantung kepada masing-masing pecinta kucing hendak memilih yang jenis apa.


3 komentar

pet shop jauh dari rumah jadi males belinya dan sampe sekarang kucingku belom pernah pake pasir. caranya biar gak usah pergi ke pet shop tapi kita bisa pake pasir gimana?
trus kisaran pasir zeolit dan pasir clumping berapa ??

untuk pasir zeloit harganya murah mba, dan bisa dipakai berulang ulang jadi saran saya untuk mba novita yang jauh rumahnya dari petshop menggunakan pasir zeloit.
harga pasir zeloit perkilo dikisaran harga Rp. 2000,- sedangkan clumping Rp. 25.000,-

Terima kasih informasinya. Sebagai tambahan, kami menyediakan mineral alam zeolite, CaO (Kapur tohor) dan CaCO3 (kaptan). Hubungi 085863093505 or www.zeolitecikembar.blogspot.com


EmoticonEmoticon