Friday, October 7, 2016

penyebab telinga kucing cepat kotor dan cara membersihkan telinga kucing

   

penyebab telinga kucing cepat kotor dan cara membersihkan telinga kucing
penyebab telinga kucing cepat kotor dan cara membersihkan telinga kucing

        Selain terkenal dengan matanya yang memiliki penglihatan yang sangat luar biasa, bahkan memiliki kemampuan melihat di tempat yang kurang cahaya, kucing juga dianugrahi pendengaran yang tajam. tentu hal itu bukanlah hal yang mengherankan karena baik kucing ataupun singa, macan dan kucing besar lainya ditakdirkan untuk menjadi TOP PREDATOR yang memuncaki rantai makanan.



       Namun salah satu dari indra yang sangat penting bagi kucing yaitu telinganya sering terganggu akibat dari parasit atau virus sehingga mengurangi kemampuannya untuk mendengar. tak jarang kita melihat mpuskita telinganya terlihat sangat kotor padahal telah kita bersihkan sehari sebelumnya, mungkin kita akan keheranan kenapa hal semacam ini dapat terjadi. atau yang lebih parah adalah selain kucing kita kotor telinganya juga menggaruk dengan keras yang dapat mengakibatkan infeksi.
seperti yang sudah saya uraikan diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa penyebab dari telinga kucing yang cepat kotor adalah dari dua hal yaitu :

1. Kutu
kutu ini menjadi parasit yang berada di telinga kucing sehingga sangat menggangu kecerian dari kucing kesayangan kita, tanda yang dapat kita lihat dari kucing adalah seringnya kucing menggaruk telinganya berulang-ulang, jika dibiarkan akan berdampak pendarahan atau infeksi di area telinga kucing.

2. Bakteri
dari infeksi yang terjadi akibat kucing menggaruk dengan keras telinganya tentu saja akan dihinggapi oleh bakteri sehingga jika tidak segera dilakukan penanganan maka kondisinya akan semakin memburuk.

         Langkah yang perlu dilakukan untuk menangani kucing yang telinganya mudah kotor adalah:

a. Bersihkan telinga kucing secara berkala, jangan tunggu sampe kotor sekali, usahakan luangkan waktu untuk membersihkan telinga kucing 2 kali dalam seminggu, tidak perlu menunggu ketika kita melakukan groming. semakin sering dibersihkan tentunya semakin baik. Sebetulnya seekor kucing telah dianugrahi kemampuan untuk membersihkan tubuhnya dari mulai bulunya bahkan sampai dengan telingnya sendiri, hanya saja dalam kasus ini telinga kucing mengalami gangguan sehingga perlu bantuan kita untuk menanganinya.

b. memberikan obat tetes kuping agar dapat terhindar dari berbagai macam parasit atau bakteri yang hidup dan berkembang biak dalam telinga kucing. Sekali lagi kita sebagai pemilik sudah seharusnya merawat kucing kita dengan penuh kasih sayang, dengan tidak  hanya memberikannya makanan saja tetapi juga memberikan perhatian khusus untuk bagian kesehatan seluruh bagian tubuhnya tidak terkecuali telinganya. Untuk perawatan bulu dan menggemukan badan juga perlu diperhatikan


EmoticonEmoticon