Monday, November 14, 2016

Cara Memandikan kucing Dirumah

         Kucing yang terlihat bersih, wangi dan lincah tentu menjadi idaman semua catlovers di rumah, namun dengan banyaknya aktifitas yang dilakukan maka bulu kucing jadi kotor akibat terkontaminasi oleh debu dan kotoran lainnya, oleh karena itu kita perlu memandikannya secara teratur, ingat loh TERATUR bukan sering, karena jika terlalu sering memandikan kucing tentunya akan membuat kesehatan bulu kucing justru terganggu, dan kucing pun tentu akan merasa tidak nyaman karena seperti kita ketahui bersama jika kucing memang di alam liar menjauhi air.

Cara Memandikan kucing Dirumah
Cara Memandikan kucing Dirumah

Sebelum kucing dimandikan ada baiknya mencermati tips berikut ini :

A. Ritual Potong Kuku
         Kucing sebaiknya dipotong dulu kuku nya, agar ketika kita sedang memandikannya dia tidak melukai kita dengan cakar tajamnya, banyak pengalaman para catlovers yang kewalahan dengan mpuskita yang mengamuk ketika hendak dimandikan, yang pada akhirnya berontak dan mencakar pemiliknya.

B. Menyisir Bulu
          Menyisir bulu kucing dengan sisir khusus kucing, hal ini untuk membuat bulu-bulu yang sudah tua untuk rontok/lepas sehingga dia tidak menjilatinya yang mengakibatkan hairball jika kita biarkan, berikut ini langkah mengatasi hairball.

C. Kesehatan Kucing
        Memastikan kondisi kucing dalam kondisi sehat, ini perlu menjadi perhatian juga karena jika kucing sendang sakit sebaiknya tidak dimandikan supaya tidak memperparah sakit yang diderita.


Peralatan yang perlu disiapkan :

Ember berisi air hangat  (agar kucing tidak merasa kedinginan)
Sampo kucing, BUKAN sampo manusia.
Bedak khusus kucing.
Sisir (untuk merontokan bulu yang tua atau yang mati)
Blower (sebaiknya pakai ini dibanding Hair Dryer)
Handuk
Cottonbuds
Handuk lembut/khusus

1. Membasahi seluruh tubuh kucing, 
usahakan tidak menyiram bagian kepala dan wajah kucing karena bagian ini sensitif terhadap air, jika hal ini dilakukan akan membuat kucing berperilaku agresif atau lari ketakutan.

Cara Memandikan kucing Dirumah
Cara Memandikan kucing Dirumah
2. Mengaplikasikan shampo kucing 
Setelah seluruh badannya di basuh air, kemudian adalah mengaplikasikan shampo keseluruh bagian kucing, hati-hati jangan sampai masuk ke area mata dan mulut kucing.

3. Membilas dengan air 
Usahakan ketika membilas dilakukan hingga benar-benar bersih agar setelah kering kucing tidak menjilati bekas sisa shampo yang masih tersisa di badannya, yang tentu hal ini tidak baik bagi kesehatan kucing.

Cara Memandikan kucing Dirumah
Cara Memandikan kucing Dirumah

4. Keringkan badan kucing
Proses pengeringan bisa dimulai dengan menggunakan handuk yang lembut, setelah setengah kering baru dilanjutkan dengan hairdryer, sehingga kucing tidak terlalu lama terpapar oleh panas udara yang di hasilkan oleh hairdryer yang juga bisa berakibat kucing panik dan stres.

5. Bersihkan telinga kucing
Telinga kucing sebaiknya dibersihkan 2 - 3 hari sekali, tidak hanya ketika setelah dimandikan saja, karena bagian ini mudah kotor dan mengakibatkan kucing tidak nyaman, yang biasanya ditandai oleh gerakan menggaruk kupingnya berulang-ulang.

6. Pemberian bedak
Bedak yang digunakan disini khusus untuk kucing ya, agar aman dan nyaman.
Setelah semua proses diatas selesai kini kucing kesayangan kita akan terlihat lebih cantik dan bersih.

Selamat mencoba dirumah, salam MPUSKITA








          


EmoticonEmoticon